Cara Membuat Kuesioner Online

Sabtu, Januari 21, 2017


Haiii haii...
Lama tak sharing-sharing, cerita-cerita di blog, kali ini bakalan share ke kalian tentang cara membuat kuesioner online, berhubung dapat permintaan untuk share tentang ini. Pengetahuan sederhana buat mempermudah tugas akhir dan penelitian yang target respondennya sudah melek teknologi tentunya. Selain kita bisa hemat biaya print & foto copy, isi kuesioner  online biasanya lebih mengasyikan daripada isi kuesioner yang berlembar-lembar hhhi...
Langsung aja ya...
Pertama-tama, untuk lebih mudahnya, langsung search Google form di pencarian google, macem ni... klik yang ditandai smile yaa 😄

Baiknya kita udah punya akun google.. karena google form ini connect ke google drive kita. Setelah diklik, kita masuk ke halaman google form:

Klik buka google form, lanjut ke start a new form klik yang blank yaa..

Selanjutnya tampilannya begini:

Isi judul penelitiannya, lanjut isi pertanyaan kita di bagian "untitled question".
Nah.. dalam penelitian kita, jenis pertanyaan ada macem-macem kan ya? ada yang terbuka maupun tertutup, pilihan ganda, atau seringnya bentuk skala. Pilihan bentuk jawaban ada di sisi sebelah kanan, tampilannnya seperti gambar diatas, kita tinggal pilih, sesuaikan dengan bentuk pertanyaan kuesioner kita. Nampak pada gambar berikut:

Untuk pertanyaan yang wajib diisi, di sudut bawah pertanyaan ada pilihan yang bisa digeser, seperti digambar berikut (required) :

Untuk memasang tema agar kuesioner online kita menarik, Collor pallete, (icon kecil pertama di kanan atas (pallete lukisan)

Pilih salah satu gambar yang tersedia/ gambar milik sendiri/ warna yang sesuai dengan tema penelitian, misal gambar buku pada tampilan-tampilan gambar selanjutnya..
Untuk pertanyaan/ pernyataan yang memerlukan jawaban dalam bentuk skala, pilih linear scale , tampilannya seperti ditunjukkan di gambar bawah ini ya.. skala bisa kita sesuaikan 5/7/9 berapapun, kita hanya perlu menulis keterangan pada nilai tertinggi dan terendah.

Klik preview (ikon mata kecil di atas), tampilan akhirnya seperti ini...

Kita coba isi yaa... dan setelah kita isi, nanti di tab Responses akan muncul gambar ini:

Untuk melihat hasil dalam bentuk tabel microsoft Excel, klik icon hijau di pojok atas tab response, dan akan muncul tampilan berikut:
Data pun akan sangat tertata dengan rapi dan cantiknya 😍
Terakhir, untuk share quesioner kalian, pada tampilan quesioner, klik tombol SEND, akan muncul tampilan untuk mengirimkan kuesioner melalui email. Itu jika kita memang sudah punya data email para responden, jika tidak, klik tombol link yang digaris bawah di gambar bawah ini:

Silahkan copy dan  paste link nya, bisa di perpendek di https://goo.gl/ , www.dot.tk, atau situs lainnya untuk memperpendek link kuesioner kita. Selamat Mencoba...🙈 🙇

You Might Also Like

0 komentar

Hi.. Thanks udah baca dan silahkan tinggalkan jejak di komen ;)

Follow by Email

Get The Books!!

Toko Buku Online Belbuk.com