Bahas Ekonomie Syariah yux…

Minggu, November 14, 2010

















Iseng bahas hal yang sacral buat aku saat ini, tapi gak aneh donk khan aku mahasiswi Pendidikan ekonomi, (hhe,, somboonkk..)^^ mksudnyaa sekedar sharing za hal yang aku pahami dari mata kuliah ekonomi syariah yang aku dapet di semester 3 skarang tepatnya. Coba buat Pembahasannya jadi lebih ringan, untuk sekedar menjawab pertanyaan
apa sich Ekonomi Syariah?
Kenapa sich Ekonomi Syariah itu penting?
Gimana sich sebenarnya Ekonomi Syariah itu?
Okok,, langsung zaa,,, Check it out..
Ekonomi syariah sebenarnya sudah bukan merupakan hal asing, aku yakin temen-temen smua udah sering banget denger istilah ini. tapi apa, bagaimana, dan kenapa ekonomi syariah masih menjadi pertanyaan yang belum terjawab secara factual (ciyye bahasa gw..hhe)
Jawab pertanyaan pertama, Apa sich Ekonomi Syariah itu?
Apa coba yang kalian pikirkan? Aku yakin, it’s all about islam Economy yang tersirat di fikiran moe. Yupz,, that’s right.
Ini nhee ekonomi Syariah menurut aku (boleh liat definisi lain, browsing zaa J) yaitu ilmu mengenai aturan, tatacara manusia melakukan kegiatan ekonomi yang diatur secara lengkap dalam Islam melalui Al-Qur’an dan Al-hadist sebagai sumbernya.
Nach, ilmu Ekonomi Syariah yang sudah jelas-jelas ada dengan kebaikan dan kelebihan yang dimiliknya dapat diwujudkan melallui pelaksanaan sistem Ekonomi Syariah. (jadi seriuss gnee…he, tp bnerr kokk stujuuu,,J )
Owh iya, hampir lupa, Ekonomi syariah kembali menunjukan geliat nya setelah manusia menyadari bahwa sistem’’ buatan manusia dalam hal ekonomi terbukti kecacatannya.
Kalian tahu apa saja sistem  yang manusia telah ciptakan yng pada akhirnya hanya menciptakan kesengsaraan?
Okay, wanna mention them..
1. Ekonomi Kapitalis
2. Ekonomi Sosialis,
Singkatnya, kegagalan apa yang mereka hasilkan? Kegagalan Kapitalis sudah dimulai ketika kapitalisme mengungkap masalah Ekonomi yaitu kelangkaan, hal ini mengasumsikan agar semua orang berhak atas kepemilikan segala bentuk barang. Dan mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya, dengan modal besar akan mudah untuk mendapatkan uang melalui produksi sebanyak-banyaknya.
Dlam sosialis, justru sebaliknya, sosialis tidak menghendaki adanya kepemilikan pribadi, upzz, gx adil donk?
yupz, tepatt,, it's gonna be not fair...  sosialis pengennya pemerintah za yang atur semua kekayaan negara, rakyat dapat penghasilan yang sama rata..
ini nich yang bikin sosalist kurang didukung, yang rajin sama yang males dapet hasil yang sama,, gak keren khan??
aha,,, back to what we're talkin' about.. Ekonomi syariah... The best choice on economy challenge.. yux achh,, tanya knapa?

cuz... hmmm,,, tanpa ada maksud mengunggulkan atoupun memojokkan agama tertentu ,, but this is the real...
Syariah berasal dari ajaran agama islam mengenai hal-hal yang diatur mengenai hubungan manusia dengan manusia. So it means that Islam gak Cuma bahas hal-hal yang berkaitan dengan ibadah sacral dari hamba kepada Tuhan, but also Islam mengajarkan hal-hal yang mengatur hubungan antar manusia dengan manusia that is SYARIAh..(itu yg aku dpet dari matkul syariah.. guyz...^^)

Oh iya,, kembali ke pertanyaan kenapa mesti Ekonomi Syariah??
Ekonomi syariah memandang Permasalahan ekonomi yang sesungguhanya adalah distribusi yang tidak merata, bukan kelangkaan yang yang disebabkan kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan pemuas kebutuhan yang terbatas, tapi justru dalam ekonomi syariah kebutuhan manusia adalah terbatas dan alat pemuas kebutuhannya nyalah yang tidak terbatas, gx percaya? Buktinya,, sampai sekarang SDA gak ada habis-habisnya, seharusnya SDA bisa terus berkembang dan mencukupi jika manusia gx dengan serakah mengeruk sebanyak-banyaknya. Huftt.. kasian bumiku.. L
Makanya muncul masalah distribusi, karena tidak meratanya alat pemuas kebutuhan dalam pemenuhan kebutuhan gara2 ketimpangan yg terjadi akibat tinkah polah orang serakah..hmmmhh.

Ada yang masih bingung?

Hmmh,, let’s talk about how syariah solves the problem of Economi..
Distribusi yang tidak lancar dan tepat sasaran ini adalah lebih ditekankan pada distribusi kekayaan, dimana dengan sistem ekonomi kapitalis terjadi gejala yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin..
Trus gmana syariah mengatasi hal ini??? penasaran?
Yux bahas.. jangan ngantux yaa bacanya!!! Hehe
Dalam islam ada 3 jenis kepemilikan, yaitu
1. Kepemilikan individu (milkiyah fardiyah)
2. Kepemilikan umum (milkiyah ammah)
3. Kepemilikan negara (milkiyah daulah)

Nachh,, adil kan??? (boleh di browsing buat tau apa za nya mah) ^^
Terus, singkat za,, ada yang istilahnya pemanfaatan harta dalam ekonomi syariah terbagi 2: konsumsi (untuk dikonsumsi)
Truzz Produksi (buat pemanfaatan harta supaya produktif)
Lanjut ke dunia dstribusi, nie dia intinya…
Distribusi kekayaan dalam syariah yaitu; melalui individu contohnya:
Nafkah suami terhadap istrinya (dlam Islam ini wajib loo), Zakat, Shadaqah, hibah,waris, juga melalui gaji pekerjaanMelalui pemerintah contohnya: melalui sektor-sektor usaha yang dikelola pemerintah yang murni hasilnya digunakan untuk kesejahteraan rakyat.

Melalui baitul mall yang mengelola keuangan dari masyarakat untuk benar-benar dikelola dan dimanfaatkan kembali khusus untuk masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Semuanya jelas khan???

Sekilass aza cii,, itu Cuma gambaran kecil zaa, kalo mau tau lebih banyakk browsing azee sob..

Makcii atas perhatiannya oh iyaa,, maaf kalo ada slah kata atou apapun....ditunggu kritik srannya,,, hatur nuhun…^^ assalamualaikumm..


You Might Also Like

0 komentar

Hi.. Thanks udah baca dan silahkan tinggalkan jejak di komen ;)

Follow by Email

Get The Books!!

Toko Buku Online Belbuk.com